Cara Memperbanyak dan Meningkatkan Sperma Encer Menjadi Berkualitas

cara memperbanyak sperma pria
Kualitas sperma adalah salah satu faktor penting untuk mengukur kualitas kesuburan seorang pria. Disitulah dapat dilihat adanya peluang dan harapan untuk memiliki keturunanan. Memperbanyak sperma dan menjadikan lebih kental tidak encer otomatis akan menjadikan sperma lebih berkualitas dan subur. 

Untuk bisa membuahi sel telur, kita harus tahu ciri sperma sehat dan baik. Tidak hanya dari segi jumlahnya semata namun juga harus dilihat dari warna dan juga baunya. Untuk mengetahu pasti apakah sel sperma tersebut normal atau abnormal maka jalan terbaiknya adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium.

Untuk mempermudah  dilihat oleh orang awam, maka ciri sperma normal adalah  warnanya kelabu pucat, aroma khas (seperti bunga akasia), volume sekitar 2-4 ml. Sesaat setelah ejakulasi  tampak gumpalan, yang dalam waktu 10 - 15 menit akan cair dengan sendirinya. 

Lalu, bagaimana cara memperbaiki sperma encer? Apakah perlu untuk segera meminum multivitamin kesuburan  sehingga kekentalan sperma  pria terpenuhi kualitasnya? Adakah cara alami untuk menyuburkan sperma itu sendiri? Tips berikut akan memandu Anda untuk memperbanyak dan meningkatkan kualitas sperma Anda.

1. Kelola Stress 
Stress adalah salah satu penghancur dari kualitas kesuburan pria. Jangan pernah menganggap remeh keadaan ini. Cobalah untuk meredakan stress dengan biofeedback atau relaksasi otot progresif. Selalu syukuri keadaan Anda saat ini. Diatas langit masih ada langit namun seburuk apapun kondisi hidup Anda masih banyak yang lebih buruk lagi.  Usahakan untuk bisa lebih  terangsang ketika berhubungan badan dengan istri, karena hal ini akan menghasilkan sperma lebih banyak dan kuat. Usahakan sebelum ejakulasi, lakukan foreplay hingga  20 menit.

2. Tambah Asupan Vitamin C Anda. 
Penyebab sperma menggumpal salah satunya adalah kekurangan vitamin C. Pada kasus ini mencapai 16 persen di antara semua pria yang mandul. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa konsumsi vitamin C setiap hari mampu meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok. Manfaat dari vitamin C itu sendiri adalah untuk  membuat membran-membran sel menjadi stabil. Konsumsi  jeruk, mangga, semangka, strawberi dan sayuran seperti brokoli, tomat, dan kecambah adalah salah satu makanan yang mudah kita temui dan itu sangat baik untuk kualitas kesehatan sperma itu sendiri. 

3. Atur Jadwal Kesuburan. 
Gunakan kalender kesuburan. Gunakan cara menghitung masa subur wanita setelah haid. Hindari hubungan intim selama dua hingga lima hari sebelum pasangan Anda menurut dugaan akan mengalami ovulasi. Dengan demikian Anda bisa memperhitungkan kapan masa puncak sel sperma terjadi pada tubuh Anda dan kapan masa puncak sel telur pada pasangan And, sehingga persentase kehamilan bisa lebih tinggi lagi. 

4. Jangan Berolahraga Berlebihan. 
Nah, ternyata sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk dalam hal ini olahraga. Karena bila Anda berolahraga secara esktrim, maka suhu  di sekitar testis akan meningkat. Sebuah penelitian di Amerika, diketemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma kurang matang daripada pria berlari kurang dari 50 kilometer per minggu.  

5. Gunakan Celana Bokser. 
Jika Anda dirumah sebaiknya mengganti celana dalam dengan menggunakan celana bokser atau cukup hanya memakai celana kolor yang longgar saja. Selain mampu mengurangi panas berlebih disekitar testis, namun juga dapat membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar.  

6. Lakukan Diet Sehat
Ternyata tubuh gendut dan berlemak itu tidak baik bagi kesuburan sperma karena jaringan lemak dapat membungkus testis Anda, sehingga suhu pada bagian tersebut juga cenderung naik. Hal ini akan membunuh sperma di dalamnya

7. Biasakan Mandi Air Dingin. 
Menikmati mandi sauna adalah hak Anda. Namun, jika dilakukan lebih sering maka hal itu membuat pabrik sperma Anda menjadi kurang bagus produksinya. Jangan menghabiskan waktu lebih dari 15 menit sehari di bak air hangat atau sauna, dan Uahakan agar suhunya tidak lebih dari 36,5 derajat celcius. Anda harus mulai hidup sehat dengan mandi air dingin sekitar pukul 5 pagi, meski dingin terapi ini akan cukup baik untuk meningkatkan sirkulasi darah Anda dan Anda akan tampak lebih segar dari biasanya. Cobalah.

8. Kurangi Konsumsi Obat Antibiotka 
Obat-obatan seperti antiobiotika memang efektif untuk mengusir penyakit, namun Anda harus waspada dalam konsumsinya karena bisa  mempengaruhi mutu sperma dengan menurunkan hitungan sperma dan kelincahan sperma berenang. Segera hubungi dokter kandungan Anda jika Anda telah terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik golongan nitrofuran, contohnya nitrofurazone, dan macrolides, misalnya eritromisin.

9. Jangan Gunakan Jelly. 
Hubungan suami istri kadangkala dibutuhkan pelumas untuk menambah kenikmatan. namun ternyata pelumas atau jelly dapat  mengurangi kelincahan laju sperma. Hati-hati dengan pelumas yang  mengandung spermisida. 

10. Stop Merokok.
sperma pria berkualitas tinggi
Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat menurunkan sel-sel kekebalan dalam tubuh Anda. Merokok juga berdampak pada  lamban dan rendahnya hitungan-sperma. Keguguran akibat merokok juga meningkat 64 persen apabila kedua pasangan tersebut merokok atau hanya satu pasangan yang merokok. Konsumsi  alkohol juga dapat menurunkan hitungan sperma.

11. Hindari Nakoba.
Merokok dan minum alkohol saja tidak diperbolehkan, apalagi pemakaian narkoba. Hal ini akan  berakibat pada menurunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola perkembangan sperma.

Anda akan menjadi lebih mudah dan paham jika mengetahui fungsi dari alat reproduksi pria maupun wanita. Sudah selayaknya jika Anda menginginkan kehamilan yang direncanakan, maka sebaiknya Anda membaca : Keberhasilan Sel Sperma dalam Pembuahan