Agar Sperma Sehat dan Berkualitas Lakukan 5 Tips Berikut ini!

agar sperma sehat
Apabila saat ini Anda telah menikah dan belum dikarunia momongan. Coba deh, perbaiki 5 hal ini yang mungkin menjadi salah satu penyebab sperma Anda tidak sehat dan bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan kembali sperma sehat dan berkualitas dengan tips ini.

Hidup jaman serba canggih dan serba otomatis tidak menjadikan hidup kita lebih rileks dan santai seperti yang dilakukan oleh nenek moyang kita dahulu. Nah, kebiasaan buruk yang menjadikan sperma menjadi rusak dan tidak sehat adalah :

1. Kurang Tidur
Kurangnya tidur, atau selalu tidur hingga larut malam adalah hal buruk utama yang sering dilakukan oleh kaum muda bahkan setelah menikah pun ini masih dilakukan. Menurut penelitian dari University of Southern Denmark terhadap 953 orang dewasa ditemukan ukuran testis dan jumlah sperma serta motilitasnya bahwa pria yang kurang tidur atau kerap mengalami gangguan tidur memiliki rata-rata jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria yang tidur dan tidak tidur pada larut malam.
Demikian juga dengan kadar testosteron pria yang ternyata lebih rendah dan ukuran testisnya lebih kecil dibandingkan dengan pria yang memiliki jam tidur cukup. 
Jadi apabila saat ini Anda menginginkan segera mendapatkan momongan atau anak. Segera ubah jam tidur Anda. Tidur jam 21 Malam. Bangun Jam 5 pagi pasti lebih fresh dan sehat.

2.  Sering Memangku Gadget / Peralatan Elektronik
Kerja sih boleh, tapi jika Anda sering memangku smartphone, laptop hingga berjam-jam tentu hal ini tidak baik bagi produksi sperma Anda. Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan. Salah satunya telah diterbitkan oleh jurnal Fertility and Sterility. Menurut peneliti asal  Argentina yang mengambil sampel sebanyak 29 orang, diketemukan bahwa sperma pria  dengan memangku laptop selama sekitar empat jam akan menjadikan sel sperma kualitasnya menurun akibat terpapar radiasi dan panas dari laptop serta terjadi kerusakan  kerusakan DNA akibat pancaran WIFI Lapotop.
3. Penggunaan Celana Terlalu Ketat
Terlihat Seksi sih boleh, tapi kalau akhirnya kualitas sperma menjadi menurun karena penggunaan celana yang terlalu ketat bagaimana? Panas dan ketatnya celana menjadikan produksi pabrik sperma menjadi terganggu. Apalagi jika celana tersebut menekan buah zakar atau testis. So, gunakan celana dalam yang lentur, berpori dan berbahan katun serta sehat.

4. Makan wortel, Kenari dan Pepaya

Nah, apabila kondisi sperma Anda saat ini encer. Jangan khawatir. Usahakan konsumsi buah, wortel, kenari dan pepaya setiap hari. Lebih bagus lagi konsumsilah minyak zaitun satu sendok teh dan segelas air hasil rebusan kacang hijau. Bisa dipastikan kualitas sperma Anda akan meningkat dengan drastis.
Penelitian Ilmiah dari University of California, Los Angeles, pria yang menambahkan 75 gram kenari dalam sehari mampu meningkatkan kualitas keseluruhan sperma mereka. Hal ini karena kandungan linolenic acid, sumber alami omega-3 dari tumbuhan yang banyak diketemukan di buah kenari dan minyak zaitun.
Konsumsi buah wortel secara teratur juga akan meningkatkan kualitas sperma menurut jurnal Fertility and Sterility hingga 8%

5. Kurangi makan daging olahan berlebihan
Nah, ternyata asumsi banyak makan daging olahan bagus buat sperma itu kurang tepat. Peneliti dari American Society for Reproductive Medicine di Boston berhasil menemukan jika kita konsumsi jenis daging merah, terutama daging olahan seperti bacon, secara berlebihan dapat mengurangi jumlah sperma. Untuk meningkatkan kualitas sperma malah disarankan untuk memperbanyak konsumsi ikan laut dan kerang-kerangan yang telah terbukti banyak mengandung vitamin E, Omega 3 dan Zinch serta Seng sebagai zat penting pembentuk dan penambah kualitas sperma pria.