Sperma yang Bagus untuk Bayi Tabung itu Seperti Apa?

Kualitas sperma sangat menentukan dalam pembuahan sel telur. Begitu juga apabila Anda saat ini memilih bayi tabung sebagai jalan keluar untuk mendapatkan anak. Lalu bagaimana pemeriksaan uji kelayakan sperma itu sendiri?

Salah satu syarat Terbaik untuk melakukan bayi tabung adalah dengan menggunakan sperma milik suami sendiri, dan bukan sperma hasil donor. Hal ini selain tidak bertentangan dengan agama, juga terkait dengan nasab atau keturunan yang bisa dilacak asal-usulnya si jabang bayi. Nah, menurut dokter ahli fertilitas darfi RSUD Dr Soetomo Surabaya yakni Prof Dr dr Budi Santoso, SpOG(K), menyatakan bahwa uji kualitas sperma pria untuk donor bayi tabung meliputi uji hepatitis, HIV dan penyakit bawaan lainnya yang mungkin ada.

Selain itu Baik sang suami dan istri sebelum melakukan proses bayi tabung harus melakukan pemeriksaan profil hormon dasar seperti FSH, E2, LH, Prolactin dan hormon thyroid. Setelah itu pihak istri akan disuntik untuk mendapatkan oozit yang banyak atau dikenal dengan nama stimulasi ovulasi.

Nah, setelah oozit berhasil dikumpulkan, maka  oozit diambil dan  dipertemukan dengan spermatozoon pada pusat laboratorium bayi tabung hingga menghasilkan embrio.

Nah, apabila pertemuan sel sperma dan ovum ini berhasil, maka akan tyerbentuklah embrio, dimana embrio tersebut akan dimasukkan ke dalam rahim melalui proses embrio transfer.  Jika proses tersebut berhasil, selanjutnya masuk ke dalam fase lutheal support, yakni memasukkan progesteron untuk memperkuat embrio dapat tumbuh dan berkembang dalam rahim si ibu.

Sperma yang bagus untuk proses bayi tabung dinilai dari tigal hal ini setelah dicheck di laboratorium:
  • Kuantitas. Setelah dihitung di laboartoirum, jumlah sperma yang bagus untuk seorang pria adalah lebih kurang 15 juta per mililiter air mani.
  • Kualitas. Bentuk sel sperma yang normal adalah memiliki kepala oval dan ekor yang panjang, dengan bentuk yang proporsional dan bergerak maju dengan laju yang cepat. Jika 90% jumlah sperma Anda normal, maka kesempatan memiliki anak juga menjadi semakin besar.
  • Gerakan. Gerakan sel sperma Ada beberapa macam. Ada yang bergerak lurus, muter-muter tak tentu arah, hingga bergerak lamban dan tampak tak bertenaga. Untuk bisa menembus sel telur wanita dibutuhkan kemampuan berenang sel sperma yang kuat dan cepat. Apabila Anda banyak mengkonsumsi kerang-kerangan atau ikan laut yang banyak mengandung zeng, maka besar kemungkinan keberhasilan menembus sel telur menjadi lebih banyak lagi.

Bagaiman Cara Menghasilkan Sperma yang Bagus dan Sehat itu?

Sperma yang bagus dan sehat dimulai dari hal yang sederhana. Bagaimana gaya hidup sehari-hari pria itu dijalankan. Makanan apa yang sering dikonsumsi. Bagaimana olahraganya dan bagaimana pola istirahatnya. Itu semua akan sangat mendukung pola pembentukan sel sperma yang sehat sehingga kesuburan sperma menjadi lebih baik.

Hal utama lainnya bagaimana kondisi lingkungan dan kondisi kerja Anda. Apakah banyak terdapat polusi? Bagaimana dengan limbah logam berat serta tingkat stressnya. Apakah terlalu tinggi?  Jika masih, maka usahakan untuk minta pindah atau sebaiknya Anda memutuskan untuk pindah kerja agar kesehatan sperma Anda tetap terjaga menjadi lebih baik lagi.

Nah, bagi Anda yang pada masa lalu suka gonta-ganti pasangan. Waspadalah karena besar kemungkinan Anda telah terkena  atau tertular penyakit dan infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore. Penyakit-penyakit ini salah satu penyebab utama ketidaksuburan yang terjadi pada pria dan wanita.
  • Konsumsilah makanan yang sehat dan perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran yang kaya zat antioksidan. Seperti pepaya, alpukat, jeruk, minyak zaitun yang itu semua  akan membantu meningkatkan kesuburan pria.
  • Tubuh gendut atau obesitas adalah salah satu penyebab sperma menjadi kurang subur. Kualitas, jumlah dan gerakan sperma menjadi kurang bagus. Usakan lakukan diet dan olahraga aerobik dan yoga untuk mengatasinya.
  • Stres yang berlebihan akan menganggu sistem kerja tubuh. Hormon yang seharusnya normal, karena ada tekanan psikis akan menjadikan fisik ikut terganggu pola kerjanya. Salah satu yang akan mudah terganggu adalah kemampuan daya seksualitas. Otomatis ini juga menganggu kualitas sperma pria dan kesuburannya dalam hal pembuahan.
  • Lakukan olahraga teratur dan terjadwal. Inilah yang akan menjadikan metabolisme tubuh kita menjadi lebih lagi. Dengan demikian sirkulasi dan system hormon tubuh akan bekerja dengan baik untuk menyuburkan sperma pria.